Selasa, 15 Maret 2011

LUBANG-LUBANG TERBESAR DIDUNIA

KIMBERLEY DIAMOND MINE


Kimberley Diamond Mine adalah tambang berlian terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Kimberley (ibukota Northern Cape, Afrika Selatan) juga terkenal dengan nama The Big Hole. Ini adalah lubang tambang berlian terbesar dan diklaim sebagai lubang terbesar digali dengan tangan. Sekitar 50.000 penambang menggali lubang berbentuk melingkar dengan luas permukaan sekitar 17 hektar, berdiameter sekitar 1,6 km dan kedalaman sekitar 215m, tepat di tengah kota.

Pada tahun 2006 De Beers (pemilik) menginvestasikan sekitar USD 7,7 juta untuk rekonstruksi situs. Ini mencakup sebuah museum udara terbuka yang menampilkan sejarah pertambangan berlian di Kimberley. Renovasi baru-baru ini adalah platform kantilever di atas tepi lubang. Hal ini memungkinkan para pengunjung melihat vertikal ke dalam lubang, karena menjorok di tepi seperti jembatan gantung setengah. Sebuah tur ke The Big Hole menarik dengan pusat pengunjung baru yang buka setiap hari sepanjang tahun kecuali Hari Natal dan Jumat Agung.


GREAT BLUE HOLE
Enam mil sebelah utara halfmoon Caye, di laguna Lighthouse Atol, terdapat Lubang Biru Terbesar dengan kedalam 400 kaki dan diameter 1000 kaki. Dari namanya saja akan membuatnya pengertian berbeda dari beberapa "lubang biru" lainnya, lubang ini  ditemukan di Karibia dan merupakan yang terbesar, terdalam, dan paling terkenal. Ribuan penyelam telah membuat alasan mereka telah datang untuk menyelam di Belize.
 The Great Blue Hole terbentuk sejak zaman es yang menutupi benua Amerika Utara beberapa juta tahun yang lalu dan mengering karena makeup kapur nya, stalagmit dan stalaktit tercipta dari setetes demi setetes air kapur kaya. Beberapa stalaktit yang hampir mencapai panjang 30 kaki dengan diameter 8 meter.

Situs ini dibuat terkenal oleh Jacques-Yves Cousteau, yang menyatakan salah satu laman scuba diving sepuluh besar di dunia. Pada tahun 1971, ia membawa kapal-nya, Calypso, ke lubang ke graf kedalaman nya Siasatan oleh ekspedisi ini menegaskan asal lubang sebagai formasi batu kapur karst yang khas, dibentuk sebelum naik di permukaan laut di sekurang-kurangnya empat tahap,.
Meninggalkan tepian pada kedalaman 21 meter, 49 dan 91 (69, 161 dan 299 ft). Stalaktit yang diambil dari gua tenggelam, membenarkan pembentukan mereka sebelumnya di atas permukaan laut.

DARVAZA BURNING GAS CREATER

Darvaza Burning Gas Crater atau banyak orang yang menyebutnya sebagai gerbang neraka, sebenarnya merupakan lubang yang di temukan oleh ahli goelogi pemerintah rusia pada saat melakukan pengeboran gas di padang pasir Kara-Kum Turkmenistan pada tahun 1971 dan menemukan sebuah ruang bawah tanah dekat ke desa Darvaza (dikenal di Turkmenistan sebagai Derweze, tapi kadang-kadang juga disebut sebagai Darvaz). 

Namun pada saat pengeboran tersebut terjadi kecelakaan sehingga meninggalkan kawah gas beracun raksasa dengan konsentrasi gas yang sangat tinggi dan akan sangat berbahaya jika menyebar dan terkena dunia luar. Sampai pada suatu ketika seseorang datang dengan ide untuk memasang lampu gas di kawah di atas api sehingga membakarnya sebelum menelan korban dari asap beracun tersebut di kota terdekat "Darvaza".
Pembakaran atas kawah gas tersebut sering dikait-kaitkan oleh sebagian orang bahwa Darvaza Burning Gas sebagai GERBANG NERAKA, karena api dari hasil pembakaran gas beracun tersebut telah menyala  selama 40 Tahun sejak tahun 1971 sampai dengan saat ini (saat posting ini diterbitkan tahun 2011).

MONTICELLO DAM

Monticello Dam merupakan salah satu bendungan terbesar yang terdapat di Napa County, California dengan menghasilkan rata-rata 48,400 cubic feet per second air yang pada awal rencana pembangunannya ditentang oleh warga, karena dalam pembangunan bendungan tersebut harus merelakan lahan di daerah dinding lembah Berryessa, di sisi selatan, yang disebut Devils Gate.

Proposal rencana pembangunan ini membuat warga lama lembah geram. Bagaimana mungkin seseorang ingin menghancurkan keindahan seperti untuk menguntungkan orang lain? Pengajuan proposal sempat terhenti selama Perang Dunia II, tetapi kemudian dijalankan kembali pada tahun 1948 dengan pembentukan Distrik Irigasi.
  


MIRNY DIAMOND MINE

Mungkin banyak yang telah melihat yang satu ini. Banyak yang berpendapat ini adalah lubang bekas tambang berlian terbuka terbesar di dunia. Dengan kedalaman 525 meter dengan diameter atas 1.200 meter, sehingga helikopter pun tidak berani terbang di atas permukaannya karena takut terhisap ke dalam lubang



Tidak ada komentar:

Posting Komentar